Karya Tulis

Membangun Wawasan dengan Literasi | PB PERMATA

Oleh: Septio Ali Reza (Pengurus Cabang Permata Purwakarta) kuliah di STIE MUTTAQIEN Purwakarta.

Purwakarta, 8 Maret 2017

Pada zaman modern saat ini,  budaya masyarakat terutama mahasiswa yang tingkat kedudukan lebih tinggi dari masyarakat pada umumnya. Walau lebih tinggi secara kedudukan bukan berarti lepas begitu saja dari masyarakat. Karena mahasiswa adalah anggota dari suatu masyarakat tertentu yang merupakan “elit” intelektual dengan tanggung-jawab terhadap ilmu dan masyarakat yang melekat pada dirinya, sesuai dengan “tridarma” lembaga tempat ia bernaung. Maka dari itu mahasiswa merupakan peradaban turun temurun yang tidak lepas dari ilmu pengetahuan. 

Oleh sebab itu mahasiswa dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Untuk memiliki wawasan yang luas maka mahasiswa perlu adanya referensi. Referensi tersebut dengan membudayakan membaca buku-buku yang bisa menambah wawasan. Budaya  itu adalah sebuah proses berfikir, yang dipengaruhi oleh agama(keyakinan hati), politik (aturan), bahasa (komunikasi), pakaian (perlindungan diri), bangunan (karya), seni (rasa). Budaya itu juga merupakan hasil karya, cipta dan rasa yang dimiliki manusia.

Literasi adalah keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca, budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya. Membudayakan atau membiasakan untuk membaca, menulis itu perlu proses jika memang dalam suatu kelompok masyarakat kebiasaan tersebut memang belum ada atau belum terbentuk.

Maka diperlukan gerakan literasi dalam kelompok-kelompok mahasiswa ataupun kesadaran diri. Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri mahasiswa memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik dikampus maupun masyarakat. 

Keterampilan membaca merupakan fondasi untuk mempelajari berbagai hal lainnya. Kemampuan ini penting bagi pertumbuhan intelektual mahasiswa. Melalui membaca mahasiswa dapat menyerap pengetahuan dan mengeksplorasi dunia yang bermanfaat bagi kehidupannya. (Red-3)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s