Karya Tulis

​Networking, Hewan Apakah Itu dan Mengapa Itu Penting? | PB PERMATA

Oleh: Meizar Assiry bekerja sebagai media analyst di kiroyan partners (lulusan UPI Bandung).

Menurut School of Information, San José State University, Networking merupakan kegiatan yang tidak hanya mempertemukan orang untuk sekedar bertukar informasi. Lebih dari itu,networking merupakan ajang yang tepat untuk membangun sebuah relasi pertemanan yang semakin kuat yang berdampak kepada karier atau kehidupan profesional kita.

Mungkin selama ini kita lebih akrab dengan istilah “silaturahmi” atau “reuni.” Saya mahfum jika istilah networking terdengar cukup asing di telinga beberapa orang Indonesia. Networking juga merupakan hal yang baru bagi saya.

Ternyata, selain saling bertukar kartu nama, saya melihat banyak hal baik lainnya yang bisa didapatkan dari networking.

1. Mengenal Networking Lebih Cepat, Lebih Baik

Menjadi lulusan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bukanlah hal yang mudah. Well, secara umum, menjadi fresh grad bukanlah hal yang mudah bagi banyak orang (terutama dari UPI).

Jika seseorang memperkenalkan saya konsep networking di tahun 2012, mungkin tidak lama setelah wisuda, saya sudah bisa mendapatkan beberapa panggilan kerja.

Bayangkan jika itu benar terjadi, saya akan dapat bertemu dengan berbagai alumni Bahasa Inggris dari berbagai angkatan, berbagai industri, berbagai pengalaman, dan hal berharga lainnya. Mereka akan menjawab berbagai kebingungan saya mengenai kehidupan setelah kuliah, bagaimana memperbesar peluang karier, dan bahkan mungkin menawarkan saya kesempatan bekerja.

2. Networking Bukan Job Fair,Networking Lebih Baik Dari itu

I don’t believe in job fair. Mungkin ini karena pengalaman pribadi saya yang pernah mengikuti sebuah Job Fair di Landmark, Bandung, melamar ke banyak perusahaan dan tidak satu pun yang menelepon untuk wawancara atau tes lanjutan.

Seburuk itu? Ya, kira-kira seburuk itu.

Well, Job Fair memang kadang-kadang tidak fair.

Anyways…

Jika Job Fair berarti berdesakan melamar ke berbagai booth perusahaan, maka networking jauh lebih asyik daripada itu.

Kita dapat dengan santai mengobrol dengan siapapun alumni yang kita ingin gali informasinya, melontarkan pertanyaan sepuasnya, menggali rahasia sukses profesional mereka, bertukar akun LinkedIn, meminta kartu nama mereka, dan menanyakan peluang pekerjaan.

Bahkan, kita bisa mengatur jadwal jika ingin lanjut bertemu dengan alumni tertentu di lain waktu setelah acaranetworking.

Lalu, bagaimana jika tidak ada satupun yang menawarkan pekerjaan atau membuka lowongan di perusahaan mereka/tempat mereka bekerja? Oh, tidak masalah, karena Anda telah mendapatkan banyak ilmu bagaimana menggunakan pancing Anda melalui networking.

3. Networking Menyempurnakan Kepercayaan Diri

Di dalam sebuah acara networking, Anda tidak memiliki banyak pilihan selain proaktif dan percaya diri untuk saling memulai percakapan.

Artinya, acara itu merupakan latihan yang sempurna untuk meningkatkan kualitas diri Anda, terutama dalam berkomunikasi secara semi-profesional dengan orang lain.

Baik menjadi karyawan, maupun bos untuk perusahaan sendiri, saya meyakini bahwa kemampuan komunikasi dan membangun sekaligus menjaga relasi secara personal maupun profesional merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh.

4. Networking Memperluas Jaringan Bisnis Anda

Jika Anda tidak sedang mencari pekerjaan, melainkan mencari peluang dalam memperluas jangkauan bisnis Anda, maka networking boleh jadi merupakan kesempatan yang sempurna!

Contohnya saya. Saya bekerja diperusahaan konsultasi urusan publik dan komunikasi strategis yang membantu perusahaan berkomunikasi dengan para stakeholder-nya. Jika di acara networking saya bertemu dengan orang yang perusahaannya sedang membutuhkan jasa membangun relasi dengan media, pelatihan media, pembuatan strategi komunikasi perusahaan, atau berkomunikasi dengan masyarakat sekitar tempat usaha mereka, misalnya, maka kesempatan saya akan terbuka.

Networking adalah kesempatan terbaik untuk saling menawarkan pertolongan, kerja sama bisnis, produk maupun jasa secara profesional namun santai.

“Kalau Anda membutuhkan ini, hubungi saja saya” akan membawa Anda ke berbagai kesempatan lainnya yang mungkin lebih besar.

5. Networking Membuka Wawasan Kita

Jangankan masyarakat, banyak dari mahasiswa dan lulusan Bahasa Inggris UPI yang belum benar-benar mengetahui di mana saja setiap alumni sekarang berada dan menjadi apa. Lebih mudah bagi kita dan masyarakat untuk melihat lulusan Bahasa Inggris secara kurang serius.

Namun, melalui networking, kita akan memahami bagaimana seorang alumni memutuskan untuk menjadi Ibu Rumah Tangga meskipun telah mendapatkan gelarnya dan belajar banyak dari kisahnya.

Melalui networking, kita bisa mengetahui bagaimana seorang alumni bekerja sehari-hari di rumah — dan di manapun ia mau — dengan tim yang terdiri dari orang-orang di seluruh dunia bermodalkan internet dan digaji cukup tinggi.

Networking adalah sarana untuk saling menolong; diri Anda maupun orang lain.

Networking adalah sarana untuk saling mengembangkan kualitas; diri Anda dan orang lain.

Networking adalah sarana untuk saling membuka kesempatan; bagi Anda dan orang lain.

sumber: English UPI Alumni

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s