Warta

PB PERMATA Gelar Diskusi: PERMATA harus dirasakan oleh Masyarakat.

Purwakarta : Pengurus Besar Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (PB PERMATA) menggelar diskusi mebedah semboyan kepengurusan periode 2017-2019 “yakin dengan PERMATA Bergerak untuk Purwakarta” dan pengabdian masyarakat, Rabu (15/3/2017) malam.

Diskusi rutin yang dilaksanakan di Sekretariat Permata Cabang Purwakarta ini dipandu langsung oleh Ketua Umum PB PERMATA Sahabat Dion Murdiono dan Ketua Permata Cabang Jakarta Sahabat Derry Adi Gunawan.

Dalam pemaparannya, Dion menyampaikan beberapa permasalahan mahasiswa dalam ranah pengabdian terhadap masyarakat. 

“Kita harus yakin bahwa Permata itu adalah Organisasi yang bisa mengembangkan potensi setiap kadernya, setelah kita yakini bersama mari kita bergerak bersama-sama dalam ranah pengabdian, Purwakarta sudah menunggu kita. Dan sebagai mahasiswa kita harus mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya bahwa mahasiswa mempunyai Tanggungjawab sosial terhadap Masyarakat,” Ujar Dion.

Dalam diskusi yang berlangsung hangat itu, peserta diskusi mengajukan beberapa pertanyaan

“Apa pengaruh permata terhadap purwakarta dalam konteks primordialitas ?” ungkap Wagiran anggota PERMATA Cabang Purwakarta.

Menanggapi hal tersebut Ketua Permata DKI Jakarta, Derry Adi Gunawan, mengungkapan Secara etimologis, primordialisme berasal dari kata bahasa Latin primus (pertama) dan ordiri (ikatan).Primordialisme adalah suatu pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya sehingga membentuk sikap tertentu. 

Maka dengan terimplementasikannya konsep primordial di PERMATA, secara tidak langsung akan mendorong munculnya gagasan-gagasan baru yang lebih nyata untuk pembangunan Purwakarta, karena gagasan itu muncul dari kegelisahan mahasiswa asal Purwakarta atau penduduk Purwakarta itu sendiri.

Penulis : Septio Ali Reza

Redaktur: Ari Irawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s