wisata

​Pesona Purwakarta

Purwakarta merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat dengan jumlah penduduk 845.509 jiwa (proyeksi jumlah penduduk tahun 2009) yang tersebar di 192 desa dalam 17 kecamatan serta  memiliki laju pertumbuhan penduduk rata-rata sebesar 2,28% pertahun. 

Mekipun Kabupaten Purwakarta termasuk satu dari sekian banyak kabupaten kecil di Indonesia, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona yang mampu menghipnotis mata dan cita rasa. Karena tak lengkap rasanya bila kita tak menikmati sajian wisata dan kuliner yang tersaji dan pastinya layak untuk dinikmati.

Beberapa pesona dari tempat wisata di Kabupaten Purwakarta diantaranya adalah Waduk Jatiluhur, Waduk Cirata,  Gunung Parang, Gunung Lembu, Taman Sri Baduga (Situ Buled), Jati Luhur Water World, Curug Cipurut, Curug Cijalu, Gedung Kembar, Taman Maya Datar, Taman Pancawarna, Panenjoan, Mata Air Cijanun, dan beberapa tempat wisata lainnya. Untuk sajian kuliner sendiri, kita bisa menemukan beberapa menu seperti Sate Maranggi Cibungur, Sate Maranggi Jalan Situ Wanayasa, Mie Tiga Warna Purwakarta (Situ Cikumpay, Kecamatan Cempaka), Aneka Pepes Ibu Ani (Jl. H. Juanda No.2), Simping Kaum, (Jl. Mr. Dr. Kusuma Atmadja No. 34), Ayam Goreng Kampung Sajeolna (Jl. Letjen Basuki Rahmat No. 157), Peuyeum Bendul, dan sajian kuliner lainnya.

Dengan sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Purwakarta, tidak menutup kemungkinan bahwa kabupaten ini akan menjadi daerah wisata yang mampu menyaingi tempat wisata di daerah-daerah lainnya. Tinggal mengembangkan potensi sumber daya manusia yang kompeten untuk mengelolanya.

Penulis : Eneng Siti Robiah (Kader Permata Cabang Bandung)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s