Warta

PB PERMATA bantu warga Plered yang tidak mampu. Pemerintah Purwakarta harus cepat tanggap.

Tampak depan rumah Kosasih dan Erna

Lembaga advokasi masyarakat dari PERMATA melakukan silaturohmi ke masyarakat Desa Sindang Sari Kecamatan Plered.

Plered, Selasa 28/03/2017 Lembaga Advokasi Masyarakat di bawah naungan PB PERMATA melakukan advokasi ke Desa Sindang Sari Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Advokasi ini menyertakan perwakilan dari setiap cabang PERMATA, yang terdiri dari PERMATA Cabang Purwakarta, PERMATA Cabang DKI Jakarta, dan PERMATA Cabang Bandung, dan perwakilan pemuda Desa Nangorak, Febri.

Dalam advokasi kali ini PERMATA mendatangi seorang warga yang termarjinalkan dari hiruk pikuk kota. Engkos (40) warga Kp Nanggorak, Desa sindangsari Rt-4 Rw-01 Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta yang tinggal di sebuah hunian tidak layak. Dalam kesehariannya Kosasih tinggal di ruangan berukuran 2,5 x 2 meter persegi bersama seorang istri, Erna (30). Hampir semua aktivitas keluarga dilakukan diruangan sekecil itu, mulai dari memasak hingga tidur. 

Tempat tidur Kosasih dan Erna

Engkos menuturkan dalam menjalani hidup, mereka merasa seperti tidak ada orang yang pernah mau peduli, hidup dengan keadaan gelap di setiap malam tanpa penerangan cahaya, karna tidak ada aliran listrik yang digunakan. Mereka bisa melihat cahaya hanya dari sebuah lilin, itupun jika mereka mampu membeli. Tidak jarang mereka sering kelaparan, karna tidak ada apa2 yang bisa mereka makan. Mereka tinggal bukan di tanah milik pribadi, melainkan hanya tanah wakaf, yang suatu saat harus mereka tinggalkan. Dan terimakasih kepada PERMATA dan pemuda nanggorak yang sudah membantu kami.

“Sampai saat ini kami belum mendapat bantuan dari pemerintah.” Ujar Kosasih.

“Nikmat yang Allah berikan kepada kita bukan hanya untuk di syukuri, melainkan harus saling berbagi, nikmat Allah bukan semata kita harus lupa kepada mereka, mari kita mulai jalinan kasih kepada mereka,mereka yang membutuhkan uluran tangan kita”. Ungkap Febri perwakilan pemuda nanggorak.

Permata saat memberikan bantuan

Pasca kegiatan advokasi ini Pengurus Besar Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (PB PERMATA) bekerjasama dengan Pemuda Nangorak akan melakukan tindakan lanjut untuk membantu Kosasih, dan mengajak kepada semua masyarakat untuk saling peduli dan berbagi.

Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (PB PERMATA) Dion Murdiono mengungkapkan,

“Melihat kondisi bapak Kosasih warga kampung Nanggorak. Maka dari itu kami dari PERMATA bekerjasama dengan Pemuda Nangorak untuk membantu bapak Kosasih dengan cara yang bisa kita jangkau. Harus kita tanamkan hablum minannas disetiap langkah kita untuk saling menolong terhadap sesama. Program rutilahu dari pemerintahan Purwakarta harus terus dilakukan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat yang tidak mampu, maka dari itu Kami dari PERMATA mendorong kepada Pemerintah Purwakarta sebagai pengayom masyarakat untuk cepat tanggap untuk membantu warga kampung nanggorak ini”.Tutupnya.

Penulis: Ari Irawan

Redaktur: Lembaga Pers Permata

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s